AKADEMIK

/AKADEMIK
AKADEMIK2019-04-02T02:25:23+00:00

Kompetensi Lulusan

  1. Memiliki kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, bijaksana, berakhlak mulia, dan kritis dalam berkehidupan sosial dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan (Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial)
  2. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulis secara formal dan informal pada berbagai bentuk wacana yang digunakan dalam kehidupan nyata sehari-hari dan interaksi global.
  3. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik secara komunikatif, interaktif, kolaboratif dan integrative dengan pemanfaatan teknologi informasi.
  4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai untuk dapat melaksanakan profesi yang ditekuni secara professional. (Kompetensi Profesional/Akademik)

Kompetensi Pendukung Lulusan

  1. Mampu merencanakan, melaksanakan, menilai dan mengevaluasi, dan melakukan tindak lanjut dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah secara inovatif. (Kompetensi Pedagogis).
  2. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris dan memanfaatkan hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran inovatif.

Kompetensi Pilihan

  1. Berkecakapan dalam merancang dan melaksanakan usaha dalam bidang English for Enterprenership;
  2. Berkecakapan dalam merencanakan dan melaksanakan penelitian pada bidang Pendidikan, Bahasa, dan social-budaya;
  3. Berkecakapan dalam menerjemahkan berbagai genre-teks dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai profesi;

Program Penunjang

Pengenalan Kampus (OSPEK)

OPSPEK ini dilaksanakan sebagai upaya untuk pengenalan proses pengenalan, pembelajaran, dan pemantapan pemahaman mahasiswa baru kepada mahasiswa baru (lulus seleksi) tentang proses perkuliahan, sehingga pada OPSPEK ini diharapkan dapat memberikan arah pengetahuan dan pengembangan potensi dan bakat akademik bagi mahasiswa baru dalam menapaki dunia baru dalam mengenal kehidupan kampus, sehingga melalui OPSPEK ini mahasiswa baru memiliki pencerahan dalam mengasah kemampuan intelektualitasnya. OPSPEK ini dilaksanakan pada setiap tahun ajaran baru.

Diskusi Ilmiah/Seminar/Kuliah Umum

Kegiatan ilmiah ini dilaksanakan untuk meningkatkan interaksi dosen-dosen, dosen-mahasiswa, dan mahasiswa-mahasiswa untuk membahas fenomena baru, kemudian melalui kegiatan ilmiah ini juga dapat memantapkan pengetahuan dosen dan mahasiswa. Pada kegiatan seminar/diskusi ilmiah/Kuliah umum ini juga dilaksanakan secara berjenjang pada triwulan maupun tiap semester.

Pelatihan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Pelatihan penelitian dilaksanakan oleh dosen untuk memantapkan pemahaman kepada dosen senior kepada dosen yunior untuk memantapkan pengetahuan penelitian tindakan kelas (classroom action research), sehingga semua dosen diharapkan memiliki kemampuan dalam pembimbingan kepada mahasiswa untuk menyelesaikan studi akhir. Selain itu juga, pelatihan penelitian ini juga sasarannya adalah mahasiswa yang dilaksanakan oleh Statement (HMPS Bahasa Inggris) untuk memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa dalam mengahadapi tugas akhir. Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan bekal metodologis dalam pengembangan rencana penelitian yang akan diambil kepada mahasiswa. Materi kegiatan pelatihan merupakan proses penjabaran tri dharma pergurun tinggi dalam proses penyeimbangan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam menjawab fenomena yang terjadi dalam penyelenggaraan pembelajaran maupun fenomena yang ada di masyarakat.

Bedah Buku

Mekanismenya melalui undangan tertulis kepada semua dosen jurusan dan program studi, kemudian dari pihak dosen membahas penemuan-penemuan baru, dalam hal ini buku-buku atau penelitian yang bersifat aktual, dimana kaitannya, salah satu sifat dari “pendidikan dasar” adalah kompleksitas.

Bhakti Sosial

Bhakti sosial ini dilaksanakan oleh mahasiswa setiap akhir semester (selesai UAS) yang diselenggarakan oleh Statement dengan program memberikan  penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, merintis pendidikan usia dini kepada masyarakat, dan lainnya sehingga melalui program ini juga diharapkan dapat memberikan pembinaan kepada masyarakat.

Bhakti Sosial

Suasana akademis tercipta juga oleh kegiatan akademis rutin dosen dari berbagai kelompok bidang keahlian (KBK). Pada program studi pendidikan bahasa Inggris, selain KBK Linguistik, KBK Pembelajaran, dan KBK Bahasa Kemasyarakatan, juga terdapat kelompok dosen dengan minat pada bidang keahlian tertentu seperti Teaching English for Young Learners, Professional Translation, Neuro-Psycholinguistics, dan Anthropological Linguistics. Kelompok bidang keahlian ini membentuk keseimbangan dan keberagaman bidang keahlian pada program studi dan secara langsung atau pun tidak langsung berpengaruh pada kualitas layanan pembelajaran pada program studi.

Untuk membiasakan mahasiswa berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, program studi telah membentuk area wajib berbahasa Inggris bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris. Area ini mencakup ruang dosen pendidikan bahasa Inggris, ruang jurusan, area di antara kedua ruang tersebut, dan ruang perkuliahan. Area ini ditandai dengan tulisan English Speaking Zone. Mahasiswa yang berbahasa selain bahasa Inggris pada area tersebut selain ditegur oleh temannya juga diperingatkan oleh dosen agar berbahasa Inggris. Area ini akan diperluas dengan mewajibkan dosen dan mahasiswa berbahasa Inggris dalam setiap interaksi.